Ketua Umum DPN Gercin: Pentingnya Wirausaha UMKM Berbasis Koperasi Dalam Pembangunan Bangsa NKRI

Jakarta, – Dalam konteks pembangunan ekonomi regional (kab/kota/provinsi) dan Nasional, peran wirausaha Koperasi dan UMKM sangat penting untuk mengatasi berbagai problematik pembangunan ekonomi Nasional.  Misalnya masalah penciptaan lapangan usaha, penciptaan lapangan kerja, pengentasan kemiskinan, mengurangi pgangguran dan peningkatan ptumbuhan ekonomi desa, daerah dan nasional.

Hal ini dikatakan Hendrik Yance Udam (HYU) Ketua Umum Dewan Pimpinan Gerakan Rakyat Cinta Indonesia (DPN Gercin), Jumat (12/03/2021) di Jakarta.

“Mengapa Negara melalui masyarakat butuh Wirausaha? pertanyaan ini dimunculkan sebagai akibat dari dinamika perkembangan ekonomi nasional, khusuanya yang berkaitan dengan pentingnya wirausaha,” tuturnya.

Kata HYU sapaan akrabnya, UMKM berbasis koperasi untuk mendayagunakan faktor-faktor produksi seperti SDM, tanah, modal, teknonogi dan informasi di dalam memproduksi tugas-tugas yang efektif untuk mengisi kemerdekaan dan mensejahterakan masyarakat.

Selain itu untuk megidentifikasi berbagai peluang dalam lingkungan dengan meningkatkan aktivitas generasi muda, untuk memberi manfaat kepada setiap orang dalam rangka pengabdian.

Bisa juga untuk megidentivikasi pedekatan tebaik dalam mendayagunakan faktor produksi diatas, agar efisiensi dalam berbagai kegiatan kewirausahaan yang kreatif, inovatif dan produktif.

Bahkan untuk kemafaatan generasi muda Indonesia bahwa bumi Indonesia, bukan warisan tapi titipan buat anak cucu bangsa Indonesia.

“Wirausaha sangat berperan penting dalam kehidupan masyarakat, maka harus sengaja diciptakan oleh negara karena Wirausaha Koperasi dan UMKM. Dimana wirausaha bukan sekedar alat untuk melakukan perbaikan dan perubahan kualitas hidup diri dan masyarakat, akan tetapi wirausaha dapat berperan sigifikan di dalam mewujudkan kualitas bangsa dan NKRI,” pungkas HYU tokoh nasional asal Papua ini. (red)Rita/teguh

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *