Kasat Lantas, Pentingnya Keselamatan Dalam Berlalu lintas Di Jalan

Teropongindonesianews.com

Jember,- Mengantisipasi laka lantas serta menyikapi maraknya balap liar di wilayah hukum Polres Jember Polda Jatim, Pihaknya akan terus berupaya mengambil langkah-langkah tegas demi keselamatan pengguna jalan dalam berlalu lintas. Satlantas Polres Jember AKP Jimmy H Manurung saat ditemui dikantornya, Selasa(23/3/2021), menyampaikan.

“Bagaimana peranan fungsi dan tugas pokok Satlantas Polres Jember, mengenai pentingnya keselamatan dalam berlalu lintas dan bagaimana komunikasi serta peranan baik orang tua diruang lingkup keluarga, hingga lingkungan di luar keluarga,” jelasnya.

AKP Jimmy H Manurung menuturkan 3 hal diantaranya mengenai bagaimana mengedepankan keselamatan serta keamanaan berlalu lintas, menyampaikan kepada masyarakat bagaimana prosedur terkait Covid-19, serta masyarakat bisa berkolaborasi terkait fungsi pengawasan agar kondisi lalu lintas di Kabupaten Jember bisa baik, di Kantor Satlantas Polres Jember, Jl. Letjen Panjaitan No.46, Lingkungan Kebonsari, Kec. Sumbersari Jember. Senin (23/3/21) pukul 14.30 WIB.

“Kita mengedepankan keselamatan dan keamanaan berlalu lintas, dimasa pandemi covid-19 sesuai prosedur, ya kita sampaikan kepada masyarakat, apa yang menjadi hal baik bukan cuma saya yang harus berfikir mengenai fungsi pengawasan, sebenarnya masyarakat juga bisa berkolaborasi agar situasi lalu lintas yang ada di Jember bisa baik,” terang Jimmy.

Lanjut Jimmy.

Mengenai adanya balap liar yang kerap sering terjadi di wilayah kabupaten Jember, Kasatlantas Jember juga berpendapat ada beberapa faktor yang harus menjadi perhatian diantaranya bentuk perhatian dari orang tua, bagaimana orang tua bisa memberikan edukasi dan bukan hanya bentuk perhatian dari jumlah uang yang mereka berikan kepada anak.

“Mengenai balap liar kita jangan melihat hanya dari satu sisi saja dan ini bukan hanya tanggung jawab dari Satlantas Jember, ada faktor lain yang harus bisa mengedukasi mereka agar tidak melakukan hal hal yang diyakini berdampak terhadap keselamatan mereka tatkala mereka melakukan hal lain seperti balap liar,” tambahnya.

“Salah satunya bagaimana bentuk perhatian keluarga atau orang tua untuk bisa memberikan edukasi yang baik, perhatian tersebut bukan hanya  dari berapa banyak uang yang di berikan.

Lebih lanjut Kasatlantas Polres Jember mengungkapkan.

“Pengakuan adalah faktor utama kebutuhan manusia, banyak kemungkinan mereka melakukan aksinya, karena mereka merasa nyaman dan diakui berada di lingkungan tersebut dan akhirnya melakukan aksi balap liar. Hal terbaik yang harus sering dilakukan adalah dengan memberikan edukasi dan bentuk pemahaman serta pengakuan terhadap tindakan yang lebih baik, yaitu dengan adanya komunikasi antara orang tua dan anak. “Ungkap AKP Jimmy H Manurung.

AKP Jimmy juga menerangkan bagaimana langkah kedepan perihal balap liar.

” ya mungkin memang harus ada sirkuit balapan, saya sudah pernah ketemu serta membahas akan hal tersebut baik, dari pihak dari Dinas Perhubungan dan Pemerintah Daerah, yang ada kaitanya dengan hal ini. Kemungkinan pihak IMI setempat bisa mengajukan kepada Pemda setempat perihal pengajuan tempat sirkuit untuk balapan yang sesuai dengan prosedur keselamatan.

Setelah adanya pengajuan pastinya pihak Pemda akan mengundang pihak Satlantas Jember, Dishub dan PU untuk meninjau tentang bisa atau layaknya tidak kondisi sirkut yang diajukan.” Ungkapnya

Jimmy menuturkan Satlantas tidak bisa mengajukan sirkuit, justru orang yang berkompeten di bidang balapan yang harus mengajukan.

“saya berharap seluruh lapisan masyarakat yang yang berkompeten dengan hal ini, bisa memberikan edukasi dan pemahaman tentang bagaimana pentingnya keselamatan dalam berlalu lintas,” tutupnya. (Tatang)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *