Gubernur Jatim Buka PERSEMI KWARDA Gerakan Pramuka Jatim 2021

Teropongindonesianews.com

Jember – Polres Jember melibatkan Polsek Sumbersari dan jajaran Polsek Rayon untuk melaksanakan giat pengamanan dalam rangka Pembukaan Acara Perkemahan Sehat Era Pandemi (Persemi) Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jawa Timur Tahun 2021 oleh Khofifah Indar Parawansa yang juga Ketua Majelis Pembina Daerah (Mabinda) Pramuka Jatim.

Acara pembukaan oleh Ketua Mabinda Pramuka Jatim, berjalan dengan lancar, aman dan kondusif adalah sebuah terobosan Kwarda Jatim yang akan menjadi referensi Pramuka Indonesia dengan tetap menjaga protokol kesehatan saat pandemi yang dilaksanakan di City Forest and Farm Jalan Koptu Berlian Kelurahan Antirogo Kecamatan Sumbersari Jember. Pukul 19.00 hingga 22.00 WIB, Sabtu (27/3/21).

Hadir dalam pembukaan Persemi diantaranya Khofifah Indar Parawansa, H. Arum Sabil (Ketua Kwarda Pramuka Jatim), Hendy Siswanto (Bupati Jember), Itqon Sauqi (Ketua DPRD Jember) Letkol Inf La Ode M. Nurdin (Dandim 0824 Jember), AKP Agus Setiyono (Anjak Bidren Polres Jember) yang mewakili Kapolres Jember, Kepala OPD Jember, Ketua Kwarda dan Ketua Kwarcab se Jawa Timur, 100 Peserta dan secara virtual oleh 38 Kwartir Cabang se Jawa Timur.

Dalam sambutanya Ketua Mabinda Pramuka Jatim, Khofifah mengatakan bahwa kegiatan Persemi adalah sebuah terobosan oleh kwarda Jatim sebagai referensi Pramuka dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

“Persemi sebuah terobosan awal oleh Kwarda Jatim yang akan menjadi referensi Pramuka di Indonesia, yang dalam pelaksanaanya tetap harus mematuhi protokol kesehatan yang ada,” sambutnya.

Khofifah juga menuturkan Persemi dalam kegiatanya bisa melakukan sebuah inovasi, smart dan shorcut sesuai arahan dari Presiden.

“Sesuai arahan presiden yang terus mengulang pesannya, agar kita bisa memulai dengan perilaku yang normal hari ini dengan banyak melakukan langkah cerdas, cepat dan tepat,” tutur khofifah Indar parawansa dalam sambutanya.

Disamping itu Ketua Mabinda Jatim juga menilai Pramuka juga sudah banyak membuktikan darma baktinya dengan kegiatan sosial masyarakat saat ada kejadian banjir, dan Pramuka selalu hadir, “Begitu kuat dedikasi saat negara sedang membutuhkan, Pramuka selalu hadir, saya berharap hal-hal tersebut akan terus dijaga oleh Pramuka dimanapun dan kapanpun,” tambahnya.

Semantara itu Hendy Siswanto Bupati Jember mengungkapkan, “Pramuka sangat bermanfaat untuk pendidikan informal yang mana bisa melengkapi pendidikan formal di sekolah, karena kalau hanya pendidikan formal saja pastinya belum cukup untuk menghasilkan seseorang yang berkarakter,” ungkap Bupati Jember.

Bupati juga berpesan kepada peserta Persemi bisa menjadi anggota Pramuka yang tangguh, kreatif, inovatif, serta menjauhi narkoba dan pergaulan bebas, dan juga bisa mengingatkan akan pentingnya disiplin 5M selama pandemi.

Dengan Kondisi pandemi yang masih berlangsung, ketua kwarda Pramuka Jatim juga berharap agar semua pihak bisa cerdas menghadapi dan beradaptasi, sehingga dengan dilaksanakanya Persemi tetap dengan disiplin protokol kesehatan. “Saya juga berharap Persemi bisa bermanfaat dengan menjadi model interaksi dalam pendidikan sosial di era pandemi,” ujar Arum Sabil. (Tatang)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *