Bupati Hendy Siswanto Menyambut Dengan Baik Rakor Virtual Yang Di Sampaikan Bapak Presiden Joko Widodo

Teropongindonesianews.com

Jember – Jakarta, Secara virtual Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengadakan rapat koordinasi (rakor) dengan para Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah hasil Pilkada Serentak Tahun 2020 langsung dari Istana Merdeka.

Bupati Jember Hendy Siswanto dan Wakil Bupati MB Firjaun Barlaman mengikuti rakor tersebut dari Pendopo Wayawibawagraha, (14/4/2021). Turut hadir jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Jember serta Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), Itqon Syauqi. 

Presiden Jokowi menyatakan pagi tadi (15/4/2021), seperti dikutip dari @jokowi,  “Satu hal yang saya ingatkan kepada para Kepala Daerah, bahwa jabatan yang mereka emban adalah kehormatan, sekaligus tanggung jawab yang besar.

“Karena itu, mereka bekerja tidak boleh sekadar mengikuti prosedur dan rutinitas belaka, melainkan harus berorientasi pada hasil. Kepala Daerah jangan puas dari membaca laporan, tetapi harus memantau langsung di lapangan.

“Mereka harus membuat kebijakan yang fokus dengan skala prioritas yang jelas. Terkait anggaran, para kepala daerah cukup membuat beberapa kegiatan besar dengan anggaran yang terkonsentrasi ke kegiatan tersebut, daripada membagi-baginya ke banyak kegiatan kecil. Dengan demikian, hasilnya akan bisa dilihat dan dirasakan oleh masyarakat.

“Di masa pandemi ini, saya meminta para Kepala Daerah untuk memanfaatkan APBD mereka dalam membantu masyarakat di lapisan bawah yang terdampak pandemi. Salah satu caranya ialah dengan memperbanyak program-program padat karya yang dapat menciptakan lapangan pekerjaan di daerah.”

Dua Catatan Penting Di Garisbawahi Presiden Jokowi, Penanganan COVID-19 dan pertumbuhan ekonomi nasional, dua poin besar ditekankan Presiden Jokowi. Kepala Daerah diminta untuk menuntaskan kasus COVID-19 di daerah masing-masing dan melaksanakan kegiatan vaksinasi COVID-19. Untuk itu, dimintanya belanja sosial bisa segera disalurkan untuk mendukung kelancaran vaksinasi.

“Indonesia mengalami tren penurunan dalam kasus COVID-19, tetapi Kepala Daerah tidak boleh lengah. Tidak kendur menjaga masyarakat agar terus disiplin mematuhi protokol kesehatan,” ujar Presiden Jokowi. 

Pandemi COVID-19 belum berakhir. Dampaknya sangat luas, melemahkan ekonomi masyarakat, dan banyaknya PHK. Untuk itu, Presiden Jokowi meminta Gubernur, Bupati, Walikota membangun iklim perekonomian yang kondusif.

Mempermudah pengurusan perizinan bagi calon investor. Jika investasi berjalan, lapangan pekerjaan dibuka, perekonomian secara umum bergerak. Sistem padat karya bisa diterapkan untuk menambah pendapatan masyarakat.

Di samping juga Kepala Daerah, pinta Presiden, untuk menguatkan ekonomi rakyat. Caranya, dengan membantu dan meningkatkan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dalam hal produksi maupun penjualan. Ini akan mendorong ekonomi arus bawah bisa pulih kembali.

Efisiensi Anggaran dan Fokus pada Program Berorientasi Hasil

Terkait anggaran, Presiden Jokowi berpesan agar Kepala Daerah mengedepankan efisiensi dan fokus pada program kerja yang jelas. 

“Saya ingin ke depan penggunaan APBD (Anggaran Pendapatan Belanja Daerah) bisa fokus di beberapa sektor pembangunan saja, sehingga hasilnya bisa dirasakan oleh masyarakat. Misalnya, tahun pertama fokus pada jalan, setelah tuntas fokus pasar, dll,” tegas Presiden, juga mengingatkan APBD  tidak terpaku pada rutinitas, melainkan melakukan inovasi yang berorientasi pada hasil. 

Program Kerja Pemkab Jember Selaras Arahan Presiden 

Usai mengikuti penjelasan Presiden Jokowi dalam Rakor virtual dengan Kepala Daerah, Bupati Jember Hendy Siswanto kepada pers menyatakan, program prioritas kerja Bupati dan Wakil Bupati Jember telah selaras dengan arahan Presiden RI Joko Widodo.

Sebagai Ketua Satgas Penanganan COVID-19, Bupati Hendy Siswanto terus mengawal  langsung ikhtiar penuntasan penyebaran virus berbahaya ini. Membuat pos pantau di tiap desa, mengingatkan masyarakat patuhi protokol kesehatan, sampai mengimbau warga yang bekerja di luar.

Santoso/Zubaidah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *