Bupati Hendy Minta Dinas Perikanan Buat Pembibitan Ikan di 31 Kecamatan

Teropongindonesianews.com

Jember – Kabupaten Jember memiliki potensi besar di bidang perikanan. Hal ini tentu sangat menggembirakan, sekaligus menumbuhkan pengharapan untuk pengembangan sektor perikanan bagi kesejahteraan masyarakat luas.

Untuk membangun masa depan Jember yang lebih baik dan menjanjikan, Bupati Hendy Siswanto mengharapkan agar Dinas Perikanan yang digawangi oleh Plt Tigo Dewanto ini dapat proaktif. Misalnya, membangun pembibitan ikan yang dimiliki Jember membuat Bupati Hendy Siswanto berharap sebisanya membuat pembibitan ikan di 31 Kecamatan.

Pasalnya, dari panen ikan yang didapat ini akan bisa memenuhi kebutuhan gizi masyarakat. Kandungan protein pada ikan, dari penelitian kesehatan terkini, sangat efektif melindungi anak usia dini dari stunting. 

Bupati Hendy menyampaikan gagasan pembibitan ikan di 31 Kecamatan ini tatkala Dinas Perikanan dipimpin Plt Tigo Dewanto menemui Bupati Hendy di Pendopo Wahyawibawagraha pada hari ini, Selasa (20/04/2021). 

Wakil Bupati MB. Firjaun Barlaman juga hadir dalam pelaporan Dinas Perikanan tentang program kerja yang akan dilakukan ke depan.

“Dinas Perikanan bisa berkontribusi mengatasi permasalahan krusial di Kabupaten Jember, yakni menurunkan angka kematian ibu dan angka kematian bayi (AKI_AKB), serta stunting,” ujar Bupati Hendy.

Masalah dalam index pembangunan manusia (IPM) yang sebelumnya tidak terperhatikan secara serius ini sangat menentukan masa depan Jember. Dinas Perikanan bisa berperan penting dalam memperbaiki IPM dengan melakukan kolaborasi. 

“Bila pembibitan ikan ada di 31 kecamatan, besar harapannya masyarakat Jember tidak kekurangan dalam masalah gizi, sebab di semua kecamatan tersedia ikan,” papar Bupati Hendy. 

Untuk itu, Bupati Hendy meminta Dinas Perikanan dapat berkolaborasi dengan dinas lainnya di Pemkab Jember. Sebab, anggaran yang ditetapkan harus terserap maksimal hingga akhir Oktober 2021 nanti. 

Selain itu, Bupati Hendy juga melihat potensi besar di sepanjang bibir pantai Jember yang bisa dioptimalkan menjadi tambak. Sekali lagi, masyarakat dapat memetik manfaat dari adanya tambak-tambak ikan tersebut.

Santoso/Zubaidah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *