Lapas IIA Pamekasan Tingkatkan Nilai Keagamaan WPB Dengan Kompetisi Hafalan Al-Qur’an

Teropongindonesianews.com, Pamekasan

Dalam meningkatkan nilai keagamaan, Lembaga pemasyarakatan (Lapas) Kelas II A Pamekasan, Madura, Jawa timur dalam Bulan suci Ramadhan 1442 H/2021 M memberikan pembinaan keagamaan kepada Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP).

Hanafi, Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Kelas II A Pamekasan mengungkapkan bahwa pihaknya memberikan kegiatan menghafal Al-Qur’an surat pendek (Juz Amma) kepada warga binaan yang beragama Islam.

“Kami memberikan kegiatan menghafal Al-Qur’an surat pendek (Juz Amma) kepada warga binaan yang beragama Islam, dan kegiatan tersebut kami laksanakan di bulan Ramadhan yang setiap hari pada pukul 09.00 wib di lanjutkan sore hari, dan hafalan itu kami kompetisi kan,” ungkap Kalapas Hanafi saat ditemui awak media Senin (26/04/2021).

Dalam kompetisi menghafal Al-Qur’an tersebut, Bagi yang tepilih sebagai penghafal Al-Qur’an akan diperjuangkan untuk mendapatkan remisi Hari Raya dan mendapakan hadiah berupa baju koko dan alat salat.

“Bagi yang tepilih sebagai penghafal Al-Qur’an akan kami perjuangkan mendapat remisi Hari Raya,” tegasnya. Pembinaan ini kami pisah dengan pembinaan yang lain, agar yang berkompetisi mempunyai semangat besar dalam menghafal Al-Quran untuk menjadi acuan remisi yang akan di terima nantinya,” tegas Hanafi.

Disampaikan oleh Hanafi, kegiatan pembinaan keagamaan ini bekerja sama dengan Kementerian Agama (Depag) Pamekasan dan pondok pesantren. “Demi menunjang suksesnya pembinaan kepada warga Lapas kelas II A Pamekasan kami bekerja sama dengan Kemenag dan Pondok Pesantren,” terangnya.

“Mengenai jadwal pembinaan yang menentukan dari Depag dan juga fasilitas di berikan oleh Depag berupa Al-Qur’an,” ujarnya.

Di kesempatan itu Kalapas Hanafi menuturkan bahwa pengakuan remisi melalui penilaian Subjektif dan objektif.

“Penilaian Subjektif seperti yang dilakukan pembinaan keagamaan yaitu menghafal Al-Qur’an dan objektifnya adalah sesuai dengan ketentuan perundang undangan yang berlaku termasuk sudah lebih 6 bulan sebagai warga binaan yang tentunya di imbangi dengan kelakuan baik,” pungkasnya. (Sg)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *