Pembukaan Kampanye Gemar Ikan Di Gelar Di Kecamatan Kapongan

Teropongindonesianews.com


Situbondo – Ketua Forum Peningkatan Kosumsi Ikan Nasional ( Forikan ) Provinsi Jawa Timur, Arumi Bachsin Emil Dardak mengunjungi Kabupaten Situbondo dengan didampingi Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Timur.

Kegiatan Kampanye Gemarikan di Kecamatan Kapongan Kabupaten Situbondo juga turut hadir Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Situbondo ,Muspida Kabupaten Situbondo berserta jajarannya, selain itu turut serta sejumlah warga masyarakat dengan tetap menerapkan Prokes covid – 19 .


Ketua Forum Peningkatan Kosumsi Ikan ( Forikan ) Kabupaten Situbondo ,Juma’ati Karna Suwandi menyampaikan bahwa berdasarkan survei Status Gizi Balita Indonesia Tahun 2019, jumlah Stunting di Kabupaten Situbondo sebesar 26,74 % dibawah Prevalensi 26,86% dan Nasional sebesar 27,67%, ” Jumlah Stunting di Kabupaten Situbondo bisa ditekan sebesar 12,55% “, Tuturnya .
Ketua Umum Forikan Jawa Timur Arumi Bachsin Emil Dardak meyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang mendukung untuk peningkatan angka kosumsi ikan dan percepatan penurunan angka stunting di Jawa Timur, khususnya di Kabupaten Situbondo.

Di katakan juga bahwa kegiatan ini bermaksud untuk Penganekaragaman Kosumsi Pangan berbasis Sumber Daya Lokal, diharapkan dapat meningkatan Kosumsi Pangan Masyarakat untuk membentuk pola konsumsi yang beragam, ergizi seimbang dan aman di tengah pandemi saat ini .
Kita semua harus tetap mengkonsumsi ikan sebagai lauk pauk sehari – hari ,sebab ikan sangat bermanfaat untuk kesehatan .
Pencapaian angka konsumsi ikan Jawa Timur Tahun 2020 sebesar 41,44 kg /Kapita /Tahun, sedangkan Kabupaten Situbondo angka konsumsi ikan sudah cukup tinggi sebesar 37,19 kg / Kapita /Tahun, namun demikian tetap saja perlu dilakukan upaya untuk peningkatan konsumsi ikan melalui kegiatan Kampanye Gemarikan .
Selanjutnya Kegiatan Kampanye Gemarikan yang diselenggarakan oleh Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Timur, dan hari ini sudah pelaksanaan yang ke 11.
Forikan Jawa Timur melalui Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Timur membagikan ke Peserta Kampanye Gemarikan, Paket Produk Perikanan berupa 1 Paket produk olahan beku hasil perikanan,
1 Paket produk olahan kering hasil perikanan, 1Paket olahan bandeng sebanyak 2 jenis ( Bandeng presto dan otak – otak ), 1 Paket konsumsi berupa nasi kotak dan snack, 1 Paket ikan segar sebanyal 2 kg ikan, 1 Buah brosur pengetahuan tentang manfaat ikan “, Ucapnya ( irwn ) .

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *