Kader PKK se-Kabupaten Jember Berlatih Budidaya Jamur untuk Sejahterakan Masyarakat

l

Teropongindonesianews.com

Jember – Kabupaten Jember memiliki potensi sumber daya alam (SDA) yang sangat besar di bidang pangan. Kelompok Kerja (Pokja) III Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Jember menangkap peluang ini. Diawali dengan menyebarkan pengetahuan ini kepada para kader, untuk kemudian bisa dibagikan langsung kepada masyarakat untuk meningkatkan kesejahteraan mereka.

Kali ini Pokja III menggarap potensi jamur. Tanaman khas ini bisa dimanfaatkan untuk asupan nutrisi yang bagus bagi kesehatan keluarga jika

benar mengolahnya. Jamur mengandung nutrisi dan antioksidan yang baik untuk kesehatan. Pun, bisa dikelola menjadi produk bernilai jual, untuk menambah pendapatan ekonomi keluarga.

Semua dikupas kemarin, Rabu (16/06/2021) pada pembukaan Pelatihan Budidaya Jamur bersama Pokja III TP PKK. Acara berlangsung hingga hari ini di Aula Dinas Tanaman Pangan  Hortikultura dan Perkebunan, Jalan Brawijaya No. 71, Mangli. 

Hadir langsung Ketua TP PKK Kabupaten Jember Kasih Fajarini, Wakil Ketua TP PKK Ervita Afdilah Sari, Plt Kadis Pangan Hortikultura & Perkebunan, Plt Kadis Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Jember, perwakilan pengurus Kecamatan se-Kabupaten Jember, perwakilan TP PKK Kecamatan, serta tamu undangan yang mendukung.  

Pelatihan pengolahan budidaya jamur diisi oleh pemateri Ir H Nurhadi, anggota Pokja III, tentang Pemanfaatan Pekarangan. Dilanjut oleh Ir Ahmad Yunus, MP mengupas Cara Membuat Eco Enzyme, dan terakhir diurai oleh perwakilan dari Mitra Jamur Jember tentang Tema Peluang Usaha Jamur Tiram Melalui Pembuatan Kebab Jamur.  

Ketua Panitia, Diana Trirosanti, SE menyampaikan, pelatihan pengolahan jamur ini Program Kerja Pangan PKK dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan keterampilan kader tentang olahan jamur yang multimanfaat dan khasiat. Bisa jadi sumber penghasilan tambahan dan sumber gizi bagi keluarga.

Hadir dalam pelatihan 93 Kader PKK dari 31 Kecamatan di Kabupaten Jember, masing-masing diwakili oleh Ketua Kader, Wakil Ketua dan Anggota.

Zubaidah/Santoso

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.