Panen Perdana Pisang Cavendish Desa Maskuning Kulon Sebagai Langkah Awal Pemerataan Ekonomi Daerah


Teropongindonesianews.com

Bondowoso – Seperti yang kita ketahui bahwa kontribusi ekspor khususnya buah-buahan Indonesia pada tahun lalu sudah mencapai lebih dari 100 juta USD dengan total volume ratusan ribu ton. Dari total ekspor tersebut, ekspor produk pisang memberikan kontribusi besar pada Indonesia, Terdapat 5 negara tujuan utama ekspor utama produk buah-buahan Indonesia, yaitu RRC, Hongkong, Malaysia, Uni Emirat Arab, dan Pakistan ( Narsum Suara Pers Mentri Ekonomi  –  Red  ).

Terkait dengan hal tersebut di Kabupaten Bondowoso, Khususnya di Desa Mas kuning Kulon Kecamatan Pujer telah melaksanakan Panen Perdana Pisang Cavendish sebagai salah satu produk unggulan sebagai dasar Ekspor dn peningkatan devisa Negara serta meningkatkan Ekonomi masyarakat pada umumnya ( Sabtu – 26 November 2022  ).

Turut hadir dalam acara yang di laksanakan langsung di Lokasi Penanaman Pisang Cavendish tersebut adalah Mentri Desa PDTT, kementrian Desa, Sembilan Bupati, Wakil Gubernur Muspida, Ketua DPRD Bondowoso dan semua Kepala Desa se Kabupaten Bondowoso.

          Wakil Gubernur Jawa Timur

Dalam Pidatonya, Mentri Desa PDTT, Dr. (HC) Drs. A. Halim Iskandar, M.Pd pada dasarnya mengatakan bahwa besarnya pangsa ekspor buah-buahan dunia khususnya komoditas pisang menjadi peluang bagi Indonesia untuk terus meningkatkan produksi baik dari segi kuantitas, kontinuitas, maupun kualitas. Sejalan dengan hal tersebut, Pemerintah melalui Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian mendorong pelaksanaan Program Pengembangan Hortikultura Berorientasi Ekspor untuk mensubstitusi impor produk hortikultura dan meningkatkan pemerataan ekonomi di daerah.

 

Bupati Bondowoso, Drs. H. Salwa Arifin mengucapkan Terima kasih yang sangat mendalam atas Hadirnya Mentri Desa PDTT dan semuanya sehubungan dengan adanya panen perdana yang di laksanakan di Desa Maskuning Kulon Kecamatan Pujer Kabupaten Bondowoso, selanjutnya harapannya adalah Untuk semua Desa Se Kabupaten Bondowoso meniru langkah dari Desa Maskuning Kulon yang telah meningkatkan perekonomian  Warganya dengan cara Penanaman Pisang Cavendish, suatu langkah yang sangat menjanjikan bagi semua pihak.

Kegiatan di lanjutkan juga dengan Pemberian santunan pada anak yatim yang di berikan langsung oleh Mwntri Desa dan  semua yang hadir.

( Syayudi – Sura’i  )

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *