Pelaku Pariwisata Moni Kelimutu Bersama Gabungan Orang Muda kreaTif, Berencana Gelar Festival Budaya dan Kelimutu Tourism Cup I

17 Views

Teropongindonesianews.com

NTT – Pelaku Pariwisata Moni kelimutu ( P3MK)berencana menggelar festival Kelimutu,acara ini merupakan kegiatan tahunan yang dirancang sebagai bagian dari rangkaian Sepekan Festival Danau Kelimutu Kelimutu,yang akan digelar pertengahan agustus nanti di Desa Wisata Woloara ungkap Ketua P3MK Handrianus Bata Sam saman.

Dijelaskan Hans Moni kelimutu merupakan pintu masuk menuju Objek wisata utama Danau 3 warna Kelimutu. dengan berbagai keunggulan wisata tersebut perlu banyak event yang harus diselengarakan dan ini dibutuhkan kerjasama semua masyarakat yang bermukim dilembah Kelimutu ini. dari segi pariwisata, Moni menyimpan potensi wisata yang menarik baik wisata alam, budaya, religi dan kuliner .

saat ini kami berasama kelompok pemuda dan pemudi yang tergabung dalam Gabungan Orang Muda kreaTif desa woloara sedang mempersiapkan 2 kegiatan besar yakni Kelimutu Open Tourism Cup dan festival Kelimutu

Dalam rapat Koordinasi yang dihadiri Dinas Pariwisata,toko adat,Kepala Desa Woloara dan Masyarakat Woloara jumad 8/7/2022 di kampung adat Woloara,Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Ende Martinus Saban,menjelaskan pihaknya sangat mendukung dengan upaya masyarakat dalam menggelar kegiatan festival dan turnamen sepak bola.

“atas nama pemerintah saya memberikan apresiasi yang tinggi kepada masyarakat dan rekan rekan pelaku pariwisata yang telah menginisiatif beberapa kegiatan ini dalam bangkitnya pariwisata dimoni Kelimutu.

dikatakan Martinus,Kelimutu sudah menjadi kawasan pengembangan pariwisata yg sangat prioritas secara nasional,sbgi salah satu areal kunci pengembangan dan pembinaan untuk menuju kesana pemerintah telah melaksanakan penataan aksesbilitas,amenitas dan antraksi. Ditambakan Martinus Pariwisata tidak akan berarti dan jadi apa apa kalau tidak ada yang namanya atraksi,beliau juga menyampaikan pemerintah daerah dalam tahun sudah meng programkan 4 event pariwisata ,yakni parade pesona kebangsaan yang telah dilaksanakan,Vestifal Seni Tradisional ,Festival Sepekan Danau Kelimutu,dan Festival Paralayang yang belum dilaksanakan. Selain itu dibulan oktober nanti akan ada kegiatan Tour De Flores tetapi bukan sepeda melainkan Rombongan Motor Gede (Moge)ungkapnya.

Disela sela rapat kordinasi kadispar ende juga berpesan kepada kepala Desa Woloara agar segala pembangunan baik yang tertuang dalam dokumen perencanaan maupun program langsung dari pemerintah harus bernuansa pariwisata, tolong pak Kades apapun bentuk pembangunan didesa wisata woloara ini Citra Pariwisatanya harus muncul.pesan Martinus.

salah satu pelaku wisata Yanto Wangge mengutarakan dengan adanya 2 kegiatan ini,kelimutu Tourism Cup dan festival kelimutu tentunya mempromosikan pariwisata dan ekonomi kreatinya yang ada di bumi pancasila ini.dengan demikian ekonomi akan bangkit masyarakat akan mendapatkan manfaatnya.jadi sebelum melaksanakan Festival Budaya rangakain acara ini didahului dengan pembukaan pertandingan sepak bola bertajuk Kelimutu Tourism Cup I.tandas Yanto.

penggagas kegiatan pertandingan Kelimutu Tourism Cup I dan pemerhati olah raga sepak bola Tobias Maria Gembira menjelaskan bahwa tujuan digelar event ini adalah bagimana menghidupkan kembali geliat pariwisata dimoni yang begitu terasa dampaknya akibat Pandemi Covid yang berkepanjangan.

Kepada Wartawan Teropong Indonesia Dikediamannya Caffe Bintang Lodge , pria yang akrab disapa Rintho mengatakan, turnamen tersebut tidak semata-mata untuk olah raga saja tetapi dalam rangka pengembangan pariwisata.

“Jadi dengan semakin banyak even, atraksi di wilayah ini agar orang-orang dari luar daerah juga bisa merasakan atmosfir kepariwisataan di moni kelimutu ,” ungkapnya.

“Dari segi pariwisata, Moni menyimpan potensi wisata yang menarik baik wisata alam, budaya, religi dan kuliner.semua kegiatan kita bernuansa pariwisata Oleh karena itu, perlu dibenahi dengan baik termasuk lapangan yang akan dipertandingkan nanti. ungkapnya.

Menurutnya, kegiatan kemasyarakatan, dalam hal ini olah raga juga dapat dikemas menjadi daya tarik wisata untuk meningkatkan kunjungan wisata di Moni Kelimutu.

Disinggung berapa klub yang sudah mendaftar Tobias mengatakan Saat ini belum dibuka secara resmi,karena masi menunggu ijin atau restu dari pihak keamanan yakni Kapolres Ende.tunggu saja jika sudah dapat ijinan dari bapak Kapolres Ende kami akan memberikan informasi untuk membuka pendaftaran. Saat ini ada beberapa klub dari luar kabupaten sudah menghubunginya antara lain klub dari pulau sumba,Labuan Bajo Hingga Maumere..

dijelaskanya bahwa moni kelimutu merupakan pintu masuk menuju Objek wisata utama Danau 3 warna Kelimutu.dengan berbagai keunggulan wisata tersebut perlu banyak event yang harus diselenggrakan,dan ini dibutuhkan kerjasama semua masyarakat yang bermukim dilembah Kelimutu ini. (Aloisius Ngaga)

2 komentar pada “Pelaku Pariwisata Moni Kelimutu Bersama Gabungan Orang Muda kreaTif, Berencana Gelar Festival Budaya dan Kelimutu Tourism Cup I

  • Juli 9, 2022 pada 8:33 pm
    Permalink

    Luar Biasa Aji Louyz…
    Semoga Roker Yg Telah Diskedulekan Dapat Berjalan Lancar Hingga Hari H.
    Salam Sukses Dari Anak Woloara Di “Tanah Rantau.
    Kuat Karena Bersatu”Bersatu Karena Kuat ”
    #Bravo..!

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *