TUTUP KEGIATAN PERSADA, SPENSA ADOTIM TUNAIKAN SOLAT DUHA

Teropongindonesianews.com

Oleh : Kamsudin Ridwan, S.Pd.I., M.Pd.Gr

(Staf Pengajar Pada SMP Negeri 1 Adonara Timur)

SMP Negeri 1 Adonara Timur, Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur akhiri kegiatan Pesantren Sabtu-Ahad (PERSADA) dengan melaksanakan solat Duha berjamaah (Ahad, 13 Februari 2022).

Kegiatan Ekstrakurikuler Keagamaan tersebut dilaksanakan dua pekan sekali pada setiap bulannya, yakni setiap Sabtu dan hari Ahad. Kegiatan tersebut diikuti oleh sekitar 65 orang peserta didik tingkat SMP Negeri 1 Adonara Timur.

 

 

Hadir dalam kegiatan tersebut adalah: pembina eskul PAI (Ustadz Kamsudin Ridwan), ustadz Muh. Fil Lamarobak, ustadz Ahmad Bunga, S.Pd, ustadz Irwan BL, dan juga ustadz Sadikin Wongso.

Berbagai jenis kegiatan yang diikuti oleh peserta didik dalam pelaksanaan Pesantren Sabtu-Ahad tersebut, diantaranya: praktik wudhu, solat fardhu berjamaah, kuliah tujuh menit (kultum), praktik tatacara pelaksanakan solat fardhu, pengenalan ilmu tajwid dan dasar-dasar bahasa Arab, materi tentang tatacara taharah (bersuci dari hadas dan najis), diskusi/tanya jawab tentang keagamaan, solat tahajjud, renungan malam, kuliah Subuh, tadarusan bersama, dan ditutup dengan solat Duha berjamaah di pagi hari sebelum para santri kembali ke rumahnya masing-masing.

Dalam arahan awalnya, Kamsudin Ridwan menyampaikan bahwa “kegiatan eskul PAI, dalam hal ini Pesantren Sabtu-Ahad (PERSADA) ini merupakan kegiatan eskul keagamaan wajib yang harus diikuti oleh semua peserta didik yang beragama Islam pada tingkat SMP Negeri 1 Adonara Timur”, tegas pembina eskul PAI sebelum mengakhiri pembicaraannya.

Guru Pendidikan Agama Islam itu juga membeberkan bahwa “salah satu yang menjadi misi SMP Negeri 1 Adonara Timur adalah mengikuti semua kegiatan ekstrakurikuler sekolah untuk pengembangan diri menuju masa depan”. Misi tersebut bukan hanya sekedar dibaca dan didengung-dengungkan saja, tetapi yang terpenting dari itu adalah bagaimana misi tersebut kemudian diterjemahkan dalam bentuk aksi nyata melalui program-program sekolah yang dijalankan untuk mewujudkan misi sekolah tersebut”, tutur Kamsudin diiringi dengan tepukan tangan para peserta saat mengakhiri arahannya.

Pada kesempatan yang sama, pengasuh kegiatan eskul lainnya, ustadz Muh. Fil Lamarobak juga menegaskan bahwa “kegiatan eskul PAI ini amat sangat penting untuk diikuti oleh seluruh peserta didik yang muslim di SMP Negeri 1 Adonara Timur, hal demikian dikarenakan dengan melibatkan diri dalam kegiatan ini sesungguhnya kalian akan memperoleh banyak manfaatnya”, tukas Ustadz Fil dengan nada keras saat menutup pembicaraannya.

Pembina pramuka itu juga menjelaskan bahwa “dengan hadirnya kalian dalam mengikuti kegiatan PERSADA ini, setidaknya wawasan keagamaan kalian perlahan terus bertambah dari waktu ke waktu, dengan demikian kualitas keimanan kalian pun akan terus meningkat”, harapnya penuh optimis.

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

4 Komentar